Jumat, 31 Desember 2010

ILMU BUDAYA DASAR BAB 1

Soal :
1. jelaskan 3 tujuan mahasiwa mempelajaru IBD ?
jawaban :
TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR BAGI MAHASISWA
Ilmu budaya dasar sebagai salah satu usaha mengambangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat:
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.Menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.

2. masalah apa yang dipelajari dalam IBD ?
jawaban :
Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :
1.Manuasia dan Kebudayaan
2.Manusia dan Cinta Kasih
3.Manusia dan Keindahan
4.Manusia dan Penderitaan
5.Manusia dan Keadilan
6.Manusia dan Pandangan Hidup
7.Manusia dan Tanggung Jawab serta Pengabdian
8.Manusia dan Kegelisahan
9.Manusia dan Harapan

3. siapakah yang disebut manusia ? dan apa pula yang dinamakan kebudayaan ?
Jawaban :
Manusia Dalam ilmu eksakta, manusia dipandang sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan system yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia), dalam ilmu sosial, manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu setiap kegiatan, atau sering disebut homo economicus(ilmu ekonomi).Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan tntang unsur-unsur yang membangun manusia:
1) Manusia itu terdiri dari empat unsur yang paling terkait, yaitu :
• Jasad : badan atau fisik manusia yang nampak pada luarnya.
• Hayat : mangandung unsur hidup.
• Ruh : bimbingan dan pimpinan Tuhan.
• Nafs : kesadaran diri

2) Manusia sebagai satu kepribadin mengandung tiga unsure, yaitu :
• Id : struktur kepribadian yang paling tidak nampak
• Ego : penghubung antara jaringan Id ke dalam saluran sosial.
• Superego : kesatuan standar moral yang diterima oleh ego di dalam lingkungan diri.
PENGERTIAN KEBUDAYAAN Kebudayaan dikaji dari bahasa sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa bahasa latin, kebudayaan berasal dari kata coler, yang berarti mengolah tanah.. Jadi kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai “segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran)manusia dengan tujuan untuk mengubah tanah atau tempat tinggalnya.
Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa Cultural determinism berarti segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan oleh adanya kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu.
Seorang antropolog yaitu E.B.Tylor (1781) mendefinisikan kebudayaan sebagai berikut :
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan bahwa kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Sutan Takdir Alisyahbana mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi cara berpikir.
Kontjaraningrat mengatakan bahwa kebudayaan antara lain berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannua dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budaya pekertinya.
C.A.Van Peursen mengatakan bahwa kebudayaan diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang dan kehidupan setiap kelompok orang-orang berlainan dengan hewan-hewan, maka manusia tidak hidup begitu saja ditengah alam, melainkan selalu mengubah alam.
Kroeber dan Klukhon mendefinisikan kebudayaan terdiri atas berbagi pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh dan trutama diturubkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya scara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk didalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi dan cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai.
Melville J. Herkovits, bahwa hanya ada empat unsur dalam kebudayaan, yaitu alat-alat teknologi system ekonomi, keluarga, dan kekuatan politik. Sedangkan Bronislaw
Malinowski mengatakan bahwa unsure-unsur itu terdiri atas norma, organisasi ekonomi, alat-alat atau lembaga ataupun petugas pendidikan, dan organisasi kekuatan.
Dalam karyanya yang berjudul Universal Categories of Culture, C.Kluckhohnmengemukakan bahwa ada tujuh unsure kebudayaan universal, yaitu :
Sistem religi (system kepercayaan).
• Sistem organisasi kemasyarakatan.
• Sistem pengetahuan
• Sistem mata pencaharian dan system-sistem ekonomi.
• Sistem teknologi dan peralatan
• Sistem mata pencaharian dan system-sistem ekonomi.
• Sistem teknologi dan peralatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar