Minggu, 09 Juni 2013

Makan & Minum untuk Mempercepat Penurunan Berat Badan.

Makanan dan minuman yang mempercepat proses penurunan berat badan bukan hanya mitos. Faktanya, ada beberapa jenis makanan tertentu yang karena kandungan nutrisinya, membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalori lebih cepat terbakar. Ini daftar makanan tersebut, seperti dikutip dari Times of India.

1. Gandum Utuh
Gangum utuh kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan lebih terkontrol. Gandum utuh juga membantu meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi kalori karena tubuh perlu usaha dan energi lebih untuk mencernanya. Pilih oats, kentang rebus dengan kulitnya atau nasi merah sebagai pengganti nasi putih.

2. Makanan Kaya Vitamin C
Vitamin C sebanyak 500 mg bisa membantu membakar 30-39 persen kalori ketika Anda berolahraga. Jangan langsung mengonsumsi suplemen, tablet atau minuman mengandung vitamin C. Konsumsilah vitamin C dari sumbernya, seperti makan jeruk atau jambu biji satu jam sebelum pergi ke gym.

3. Makanan Mengandung Omega 3
Salah satu jenis asam lemak esensial ini berfungsi mengontrol peradangan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Konsumsi omega 3 akan membantu kurangi beberapa kilogram bobot tubuh jika dikombinasikan dengan olahraga. Selain ikan salmon, omega 3 juga bisa didapatkan dari flaxseed, walnut dan telur.

4. Air Putih
Air putih memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh. Air baik untuk pencernaan, melumasi persendian tubuh bahkan membantu pembakaran kalori lebih efisien. Minum air secukupnya, jangan berlebihan. Umumnya, kita disarankan minum air putih delapan gelas per hari. Namun bisa lebih, tergantung aktivitas yang dijalani.

5. Teh Hijau
Menurut Dr. KK Agarwal seorang ahli kardiologi, teh hijau mengandung antioksidan flavonoid. Ketika dikombinasikan dengan olahraga, bisa membantu mempercepat pembakaran kalori.

6. Kopi Hitam
Secangkir kopi hitam bisa mempercepat metabolisme dalam jangka pendek, terutama jika dibarengi dengan latihan fisik seperti olahraga atau fitnes. Kopi juga meningkatkan produksi adrenalin dan cortisone yang mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Tapi batasi konsumsinya. Jangan lebih dari 3 cangkir per hari.

7. Sayuran
Sayuran umumnya rendah kalori dan lemak, serta mengandung banyak serat. Konsumsilah sayuran beraneka warna untuk mendapatkan manfaat maksimal, karena beda warna, beda pula kandungan vitamin, mineral dan antioksidan sehingga nutrisi yang Anda asup ke dalam tubuh menjadi lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar